cara membuat abon ikan patin nikmat

Abon ikan patin? Rasa-rasanya belum banyak di antara kita yang pernah mengonsumsinya. Terkecuali sebab type abon yang unggul terkenal sampai baru-baru ini salah satunya abon sapi, abon ayam atau yang sedikit anyar merupakan abon ikan bendeng, pula sebab abon ikan patin ini belum banyak di produksi maka sedikit tak gampang kepada memperolehnya di market. Abon ikan patin di buat besutan daging ikan patin oleh tehnik pemrosesan yang lumayan simpel serta sedikit serupa oleh cara membuat abon yang lain. Ikan patin telah kita kenal yang menjadi ikan penghasil daging sebab komposisi serta perkembangan dagingnya sedikit unggul keren di banding type ikan yang lain. Tidak cuma itu saja ikan patin pula di kenal mempunyai rasa daging yang lembut serta lezat selain kaya protein, lemak, kalsium serta zat lain yang dibutuhkan dengan badan. Serta yang paling utama sebab kandungan cholesterol yang rendah selanjutnya daging ikan patin. Keunggulan-kelebihan tersebut yang menjadikan potensi usaha abon ikan patin mempunyai prospek yang terang.
Satu diantara pe wiraswasta yang saat ini fokus diri selanjutnya pembuatan abon ikan patin merupakan Arief Afief. Beberapa waktu lalu Arief Afief merupakan peternak ikan patin yang pernah memikirkan kepada hentikan usaha ternak ikan patinnya karena waktu panen bandrol ikan patin jatuh. Tetapi halangan itu tak menjadikan Arief putus harapan, ia sebelumnya memcoba menjadikan perangkat olahan hasil ikan patin yaitu abon ikan patin. Nyatanya kreativitasnya membawa hasil, terkecuali produknya di terima oleh elegan dengan pelanggan, keuntungan besutan usaha pembuatan abon ikan patin pula unggul menjanjikan. Oleh perhitungan simpel, bandrol jual ikan patin 100 kg sekitar dari 1 jt hingga 1, 2 jt. Tetapi apa bila di proses jadi abon ikan patin, 100 kg ikan patin dapat menyajikan duit sampai 2, 5 jt rupiah.
Untuk bahan-bahannya bisa dilihat disini cara membuat abon ikan
Resep Abon Ikan Tongkol Pedas
Sistem pembuatan abon ikan patin

Penentuan ikan patin. Ikan patin yang elegan di buat abon ikan patin merupakan yang berumur +- 8 bln. keatas oleh bobot unggul belum 7 ons.
Penyiangan. Merupakan sistem pembersihan ikan patin besutan kotoran, pembelahan kulit serta jerohan ikan. Berdasarkan Arief kulit ikan patin dapat di proses jadi kerupuk ikan patin sementara itu jerohannya dapat digunakan kepada kombinasi pakan ikan.
Perebusan. Ikan yang telah bersih dipotong jadi 3 atau 4 sektor sesuai sama oleh berukuran besar ikan sebelumnya dikukus sepanjang belum unggul 30 menit sampai 1/2 masak. Dalam sistem ini Arief memberikan ramuan yang didapatnya besutan orangtua kepada menyingkirkan bau amis ikan patin berbentuk daun salam serta sereh yang ditempatkan di sektor bawah panci kukus.
Fillet. Sistem pembelahan daging ikan patin besutan tulang, kepala serta ekor. Sistem fillet ini dikerjakan misal merobek-robek daging jadi kecil-kecil dengan cara manual memakai tangan oleh daging ikan dalam kondisi hangat.
Pembuatan bumbu abon ikan patin. Bumbu abon ikan patin berbentuk kombinasi besutan berbagai rempah-rempah, jahe, bawang merah, garam serta yang lain dan penambahan santan kelapa seperlunya.
Penggorengan. Daging ikan patin yang telah difillet digoreng berbarengan bumbu abon ikan patin. Sistem penggorengan ini dikerjakan sepanjang +- 1 jam oleh selalu diaduk. Arief mengakui memerlukan sampai 5 liter minyak goreng kepada memproses 30 kg ikan patin jadi abon ikan patin. Sesudah digoreng daging ikan patin sebelumnya ditiriskan kepada buang minyaknya.
Pengeringan. Sistem ini mempunyai tujuan kepada menjadikan abon ikan patin betul-betul kering serta terpisah besutan bekas minyak penggorengan. Arief memakai pengering selanjutnya mesin pencuci yang dimodifikasi yang menjadi mesin pengering atau ia sebut mesin spinner. Kepada memberi rasa manis abon ikan patin, Arief umum memberikan gula sejumlah 1 kg kepada tiap-tiap 30 kg ikan patin yang di proses jadi abon ikan patin.
Packing. Pengemasan merupakan sistem paling akhir sampai abon ikan patin siap di jual.

Potensi usaha pembuatan abon ikan patin

ikan patin
Oleh bandrol ditingkat pelanggan meraih 25 ribu rupiah per ons-nya ditambah biaya produksi yang tak demikian besar menjadikan usaha pembuatan abon ikan patin dapat jadi alternatif usaha untuk kita semuanya. Arief menyampaikan besutan 10 kg ikan patin dapat menyajikan 1, 8 kg abon ikan patin. Dalam satu hari Arief umum menggunakan tidak belum besutan 30 kg ikan patin kepada di proses jadi abon ikan patin. Yang menjadi produsen, Arief peroleh keuntungan di kisaran 30% besutan biaya produksi. Satu kg abon ikan patin oleh biaya produksinya yang tidak unggul besutan 130 ribu, Arief menjualnya pada agen distributornya dari 170 ribu sampai 180 ribu rupiah. Apa bila dalam satu hari Arief dapat menghasilkan hingga 5, 4 kg abon ikan patin, bermakna laba yang dapat diraup Arief dapat meraih 200 ribu /hari atau 6 jt rupiah perbulannya. Satu potensi usaha yang mengagumkan mengingat Arief belum genap satu tahun serta anyar dalam step coba dalam "usaha abon ikan patin" ini.
Sekian sedikit berita mengenai usaha abon ikan patin. Bagaimana Kalian berminat kepada cobanya? Selamat ber wiraswasta serta berhasil.

Langkah Menjadikan Abon ikan Patin :

-Semua bumbu dihaluskan terkecuali daun salam serta serai, dan lain-lain, sebelumnya tumis bumbu sampai harum.
-Setelah itu masukan fillet ikan patin yang sudah disuwir-suwir sebelumnya berikan santan, daun salam, daun jeruk, serai, jahe, serta lengkuas, sebelumnya aduk-aduk hingga air santannya habis.
-Setelah airnya habis, angkat. Sebelumnya sediakan wajan serta berikan minyak panas, sebelumnya input ikan yang sudah dibumbui tadi dalam wajan, kecilkan api, aduk-aduk sampai warnanya kekuningan. Janganlah sangat coklat, sebab ikan tetap bakal alami sistem pemanasan didarat.
-Setelah masak, abon yang sudah jadi diangkat sebelumnya tiriskan sampai minyaknya habis, atau dapat pula diperas gunakan kain bersih bila tak terdapat alat kepada memeras.
-Setelah minyaknya tiris, taburi abon ikan oleh bawang goreng.
Input abon dalam toples kedap hawa, insyaAllah abon ikan itu bakal tahan lama dalam ada banyak hari. SELAMAT MENCOBA…

0 Response to "cara membuat abon ikan patin nikmat"

Post a Comment